Home / Berita Kampus / REVIEW KURIKULUM BIDANG STUDI KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA UIN WALISONGO SEMARANG

REVIEW KURIKULUM BIDANG STUDI KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA UIN WALISONGO SEMARANG

Senin, 15 Juli 2019 Acara Review Kurikulum Bidang Studi Kimia dan Pendidikan Kimia

Senin, 15 Juli 2019 Dosen bidang studi kimia dan pendidikan kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang menggelar acara review penyusunan dan pengembangan kurikulum. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Rektorat lantai 3 Kampus 1 UIN Walisongo Semarang. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan II, Kaprodi dan Sekretaris prodi, dosen kimia dan pendidikan kimia di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Kegiatan ini mendatangkan dua narasumber yaitu Bapak Assoc Prof. Azlan Kamari yang berasal dari Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) dan Bapak Sunardi, S. Si., M. Sc., Ph. D yang berasal dari Universitas Lambung Mangkurat.

Dekan Fakultas Sains dan teknologi, Dr. Ruswan M.A menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas program studi kimia dan pendidikan kimia, hal ini mengingat jurusan kimia adalah jurusan yang baru di UIN Walisongo Semarang. Oleh karena itu, Program studi kimia dan pendidikan kimia di UIN Walisongo Semarang harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Assoc Prof. Azlan Kamari dalam presentasinya menceritakan tentang sejarah UPSI dan kurikulum yang ada di Pendidikan Kimia UPSI. Salah satu dosen UPSI itu menyatakan beberapa hal yang terjadi di UPSI diantaranya yaitu mahasiswa pada setiap mata kuliah harus melakukan pengabdian kepada masyarakat, universitas hendaknya lebih mengutamakan keunggulan mahasiswa dan menawarkan sesuatu yang khas sehingga menjadikan universitas itu berbeda dengan universitas-universitas yang lain. Selain itu, universitas harus mencetak mahasiswa yang berkarakter. Hal ini disebabkan karena mahasiswa pendidikan kimia adalah mahasiswa calon guru sehingga mahasiswa harus memiliki karakter yang berkualitas sehingga dapat membentuk akhlakul karimah.

Bapak Sunardi, S. Si., M. Sc., Ph. D selaku narasumber menambahkan bahwa universitas yang baik harus memanfaatkan sumber daya alam yang ada di daerah itu, dengan memaksimalkan sumber daya manusia yang ada. Selain itu, penyusunan mata kuliah pilihan yang sesuai untuk menunjang penelitian dengan diperhatikan sumber daya manusia yang tersedia.

Kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran untuk pengembangan kurikulum yang ada di jurusan kimia dan pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang, sehingga dapat meningkatkan kualitas mahasiswa dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik antara UIN walisongo Semarang dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris dan Universitas Lambung Mangkurat.

About pendkim

Check Also

Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Walisongo Memborong Juara Cabang Lomba Microteaching Tingkat Nasional

Semarang, 02 November 2019, mahasiswa kimia pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang menyumbangkan kembali berbagai macam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *