Home / Berita Kampus / Jurusan Pendidikan Kimia Mengadakan Sarasehan dan Sosialisasi Visi Misi Pendidikan Kimia

Jurusan Pendidikan Kimia Mengadakan Sarasehan dan Sosialisasi Visi Misi Pendidikan Kimia

Semarang (16/10) Dalam rangka mempererat komunikasi mahasiswa dan dosen, Jurusan Pendidikan Kimia UIN Waisongo Semaran menyelenggarakan acara sarasehan.Acara tersebut dihadiri oleh Ketu Jurusan Pendiikan Kimia R. Arizal Firmansyah, S.Pd, M.S, Sekreteris Jurusan Wirda Udaibah, M.Si dan sejumlah dosen wali. Selain itu sebagian besar mahasiswa di jurusan Pendidikan Kimia juga turut menghadiri acara tersebut.

Dalam Sarahsehan ini juga, pihak Jurusan Pendidikan Kimia melakukan sosialisasi Visi dan Misi Jurusa kepada para mahasiswa. Sosialisasi dilakukan langsung oleh Ketua Jurusan R. Arizal Firmansyah, S.Pd, Msi. Sosialisasi ini dilakukan karna terdapat pembaharuan pada visi dan misi jurusan, dimana jurusan Pendidikan Kimia diharapkan dapat menjadi jurusan yang unggul dan kompetitif berwawasan Education for Sustainable Development yang berbasis padaKesatuan Ilmu Pengetahuna.

“Harapannya mahasiswa kita lulus dengan dua kemampuan ini, yaitu memiliki wawasan Education for Sustainable Development juga mengintegrasikan wawasan itu dengan ajatan Islam sebagaimana konsep Kesatuan Ilmu Pengatuhuan.”demikian disampaikan R. Arizal Firmansah, S.Pd, M.Si dalam arahannya diacara tersebut. Selain itu beliau juga menekankan pentingnya peran dan partisipasi mahasiswa dn dosen dalam upaya mewujudkan visi jurusanPendidikan Kimia yang digadang-gadang dapat terwujud pada tahun 2038. Kedepannya setiap erkuliahan akan disisipkan wawasan Education for Sustainable Depelovment berbasis Kesatuan Ilmu Pengetahuan. Jelas beliau lebih lanjut.

Mahasiswa Kimia Diarahkan Mengisi Angket Mengenai Sejumlah Layanan di Jurusan

Pada kesempatan yang sama, mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia diberi arahan untuk mengisi sejumlah angket yang nantinya akan dijadikan bahan evaluasi oleh pihak jurusan. Angket-angket tersebut meliputi angket mengenai layanan akademik, bimbingan softskil, unit kegiatan mahasiswa, dan sejumlah layananlainnya. Pengambilan data menggunakan angket ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap layananan jurusan bagi mahasiswa sehingga kedepan diharapkan dapat ditingkatkan lagi. ” Angket ini tidak berpengaruh pada nilai anda, semata-mata hanya untuk evaluasi agar kami dapat meningkatkan pelayanan terhadap mahasiswa.” Ujar Tegus Wibowo, M.Pd salah seorang dosen wali saat memberikan arahan teknis pengisian angket tersebut.

Beberapa Prestasi Mahasiswa Turut Ditampilkan

Tidak ketinggalan, dalam acara sarasehan tersebut ditampilkan beberapa prestasi mahasiswa Pendidikan Kimia yang telah dicapai. Mira (22) Mahasiswi semester 8 merupakan salah satu mahasiswa Pendidikan Kimia yang berprestasi. Dia mendapatkan juara II lomba microteaching tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Selain Mira, Jajang (20) mahasiswa semester 4 juga menjuarai beberapa lomba karya tulis ilmiah.

Penginformasian mengenai prestasi beberapa mahasiswa ini tidak lain adalah untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam upaya menjad mahasiswa yang berprestasi dan menjadi kebanggaan keluarga dan institusi. “Kalau mahasiswanya berprestasi, nama jurusan juga ikut terangkat, nama perguruan tinggi juga turut naik daun, apalagi keluarga akan ada yang bisa dibanggakan.” Kata R. Arizal Firmansyah, S.Pd, M.Si selaku ketua jurusan.Terlebih saat ini Jurusan Pendisikan Kimia sedang menghadapi akreditasi, maka prestasi mahasiswa pun menjadi salah satu fortofolio yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan mendapatkan akreditasi yang jauh lebih baik.

Acara sarahsehan ini diakhiri dengan melaksanakan perwalan secara serentak mulai dari mahasiswa semester 2-8. Perwalian serentak ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen untuk mengkonsultasikan rencana studi para mahasiswa satu semester mendatang.

 

About pendkim

Check Also

Mahasiswa Pendidikan Kimia Juara II Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *