Home / Berita Kampus / MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UIN WALISONGO SEMARANG KKL (KULIAH KERJA LAPANGAN) DI PT SINAR SOSRO UNGARAN

MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UIN WALISONGO SEMARANG KKL (KULIAH KERJA LAPANGAN) DI PT SINAR SOSRO UNGARAN

27 Juni 2019, Mahasiswa pendidikan kimia telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan di PT Sinar Sosro Ungaran Jawa Tengah

Perguruan tinggi merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik maupun non akademik yang profesional sehingga dapat mengembangkan bakat-bakat yang ada pada Mahasiswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh kampus yaitu dengan cara melakukan kegiatan magang atau dikenal dengan istilah kuliah kerja lapangan (KKL).

27 Juni 2019, Program Studi Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang melakukan kuliah kerja lapangan di PT Sinar Sosro Ungaran Jawa Tengah. Kegiatan KKL diikuti oleh Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kimia Industri dan Kimia Kosmetik yaitu Mahasiswa semester 6. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 32 orang dengan di dampingi 4 dosen pembimbing yaitu Bu Malikhatul Hidayah, Bu Mutista Hafshah, Bu Wiwik Kartika Sari dan Pak Deni Ebit. Mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman ketika kegiatan kuliah kerja lapangan ini dan juga dapat melihat secara langsung proses produksi teh botol sosro di PT Sinar Sosro ini.

PT Sinar Sosro adalah perusahaan yang bergerak di bidang minuman. Beberapa produk sosro yang dikembangkan di perusahaan ini adalah teh botol sosro, S-tee dan fruit tea. Adapun produk yang lain seperti country choice, air mineral prima dan tabs diproduksi di pabrik lain yang tersebar di seluruh Indonesia. Sugiharto Sosrodjojo selaku pemilik perusahaan PT Sinar Sosro menyatakan bahwa Beliau harus melewati banyak rintangan untuk memulai bisnis ini. Berawal dari menjajakan minuman teh manis yg dibuat langsung di pasar lokal hingga akhirnya menemukan ide untuk menjual teh manis dalam kemasan botol kaca agar memudahkan pendistribusian. Kunci dalam bisnis ini yaitu niat baik dan didukung dengan prinsip 3K-RL (kualitas, kemananan, kesehatan dan ramah lingkungan). Pelajaran yang dapat Mahasiswa ambil dari kegiatan kuliah kerja lapangan ini adalah meningkatkan motivasi Mahasiswa untuk membangun bisnis, memberikan wadah bagi Mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan berwirausaha serta Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori pada Mata kuliah yang telah mereka dapat dengan kehidupan nyata peserta didik. selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan hubungan baik antara perguruan tinggi (UIN Walisongo Semarang) dengan PT Sinar Sosro.

About pendkim

Check Also

REVIEW KURIKULUM BIDANG STUDI KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA UIN WALISONGO SEMARANG

Senin, 15 Juli 2019 Dosen bidang studi kimia dan pendidikan kimia Fakultas Sains dan Teknologi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *