Home / Berita Kampus / KKL Pendidikan Kimia, Ajang Pendalaman Materi dan Silaturrahmi

KKL Pendidikan Kimia, Ajang Pendalaman Materi dan Silaturrahmi

KKL Pendidikan Kimia, Ajang Pendalaman Materi dan Silaturrahmi

Senin, (17/7) sebanyak 60 mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia angkatan 2015 UIN Walisongo Semarang melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan diagendekan selama empat hari, dengan menyasar di dua tempat, yakni Istitut Teknologi Bandung (ITB) dan UIN Sunan Gunung Djati. Kunjungan di dua tempat tersebut bertujuan untuk memperdalam wawasan dan skill praktik mahasiswa di bidang instrumen kimia.

Pada kunjungan pertama, mahasiswa menuju ke Laboratorium Kimia Terpadu di ITB. Di laboratorium tersebut mahasiswa belajar terkait berbagai instrumen dalam bidang kimia analitik dengan dibimbing oleh mentor dari ITB. Adapun instrumen yang dipelajari antara lain High Performance Liquid Chromatography (HPLC), Gas Chromatography (GC), Voltametri, Atomic Absorbtion Spectroscopy (AAS), Ultra Violet Visible (UV-Vis) dan Fourier Transform Infra Red (FTIR).

Dalam kesempatan tersebut pula, terdapat perbincangan antara Muhammad Iqbal selaku Humas FMIPA ITB dengan Arizal Firmansyah, selaku Ketua Jurusan (Kajur) Pendidikan Kimia. Pihak ITB menyatakan jika kemungkinan akan melakukan kerjasama dengan UIN Walisongo dalam bidang pengajaran. Hal tersebut terkait dengan dibukanya Jurusan Pengajaran bagi mahasiswa S2 di ITB.

Di hari berikutnya, kunjungan dilanjutkan di Jurusan Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati. Kegiatan dilaksanakan dengan penyampaian informasi kegiatan di Jurusan Pendidikan Kimia dan pengelolaan laboratorium kimia oleh pihak UIN Sunan Gunung Djati. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dilakukan antar dosen dan mahasiswa kedua UIN tersebut. Diskusi yang dilakukan oleh para dosen membahas terkait pengelolaan Jurusan Pendidikan Kimia. Sedang, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok guna membahas program kerja organisasi di masing-masing Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kimia. Kunjungan pun ditutup dengan melihat peralatan dan pengelolaan di Laboratorium Kimia UIN Sunan Gunung Djati

Peserta KKL UIN Walisongo mendengarkan pengarahan dari tentor ITB

 

Pembukaan diskusi pengelolaan Jurusan Pendidikan Kimia di UIN Sunan Gunung Djati

About pendkim

Check Also

Tingkatkan Wawasan Keislaman Anggota, HMJ Kimia Selenggarakan Peringatan Isro Mi’raj

Rabu, 19 april 2018 Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia mengadakan istighosa yang di lanjutkan dengan kajian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *